Kamis, 10 September 2009

Perbedaan Search Engine Yahoo! dengan Google

Apa ada dia antara kalian para pembaca yang tak mengenal Yahoo! maupun google? Saya yakin tentu tak ada. Kedua perusahaan ini memang sangat terkenal di dunia maya. Sang raksasa Internet. Lalu, timbullah sebuah pertanyaan,"Apa sih bedanya Yahoo! dengan Google? Apa sih kelebihan masing-masing raksasa ini?." Hmmm... Saya akan coba menjawabnya. Tapi sebenarnya ini adalah tugas dari dosen PTI (Pengantar Teknologi Informasi) Hehehehe....



Ada beberapa referensi yang saya dapat; buku, internet, dll. Dari sini saya dapat meyimpulkan bahwa kekuatan dan kepopuleran kedua raksasa ini tak jauh beda. Masing- masing punya kelebihan tersendiri. Dan dengar-dengar kedua perusahaan ini memang saling bersaing untuk menambah fasilitas dan tool-tool baru untuk memanjakan pengguna Internet.



Saya baru saja menemukan sebuah wacana yang menjelaskan perbedaaan antara Yahoo! dengan Google dalam hal Indeksing. Berikut ini beberapa perbedaan Google dengan Yahoo dalam konteks indexing dan ranking:

  1. Google lebih cepat dalam melakukan indeksing dibandingkan Yahoo. Hanya hitungan harian halaman web Anda sudah akan terindeks (harus memenuhi persyaratan Google tentunya)
  2. Untuk terindeks di Yahoo membutuhkan waktu 2-3 minggu.
  3. Google lebih sering melakukan REFRESH atau disebut juga sebagai "Google Dancing". Artinya untuk mempertahankan posisi suatu situs web di urutan atas, Anda harus lebih banyak upaya untuk mempertahankannya.
  4. Pindah urutan di Google lebih sering dibandingkan di Yahoo.
  5. Google tidak memperhatikan meta keywords, namun Yahoo masih melihat meta keywords.
  6. Mempertahankan urutan di Yahoo lebih mudah dibandingkan di Google.
  7. Google lebih menggunakan algoritma word sensitive dibandingkan Yahoo, misalnya bila Anda mengetikkan untuk frase "mug souvenir"; "mug sufenir"; "mug sovenir"; "mug sofenir", maka hasil pencariannya tidak berubah.
  8. Yahoo support meta tag yang lain sedangkan Google tidak mempedulikan.
  9. Yahoo support frame sedangkan Google tidak.
  10. Google peduli dengan popularity suatu domain, sedangkan Yahoo tidak terlalu.
  11. Google peduli dengan quality incoming links, sedang Yahoo tidak terlalu.



Hmmm... saya juga menemukan sebuah kelebihan dari Yahoo! dibandingkan dengan Google. Tapi sepertinya ini lebih spesial buat pencinta musik, alias yang suka nyari-nyari lagu di Internet. Di Yahoo! ada sebuah fasilitas mencari file audio dalam yahoo search.

Fasilitas tersebut mungkin belum ada pada google saat ini, tapi pada yahoo, fasilitas ini disertai dengan sample yang bisa kita dengarkan tanpa harus keluar dari search page.


Sangat lumrah sekali apabila yahoo berkolaborasi ama emusic, iTunes, dsb dalam menyajikan data karena yang saya lihat hasilnya hanya berisi ajakan untuk mendownload secara legal alias beli bukan mencuri mp3 sperti yang kita lakukan selama ini. Hehehe....

Hmmm... Tapi kalo menurut saya pribadi juga sih lebih milih Google dari pada Yahoo! Soalnya lebih banyak fasilitas yang saya butuhkan di sana. Google Maps,
Google Eart, Google Books, Google translate, N many more... Bahkan Google bisa dipakai nge-crack dan nge-hack loh!! Tapi jangan digunakan yah! (Khusus buat saya: kecuali terpaksa!) Hehehe...


Eitz, tapi tunggu dulu... Yahoo! gak kalah juga kok! Kemaren saya nyari-nyari referensi untuk tugas di Google tapi gak ketemu-ketemu. Nah, setelah saya coba Yahoo Answer, wah ternyata lebih membantu! Hehehe... Eh, tapi kalau kita nanya di Yahoo Answer terus gak ada yang bisa jawab, sama aja bohonh dong! Hahaha...

Jadi intinya, Yahoo vs Google -> SERI. Sama kuatnya, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.

Terima kasih udah mau berkunjung...!!! :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri kommentar blog di blog ini. Komentar anda akan jadi bahan pertimbangan buat saya. Thank's before... ;)